Wednesday 14 October 2020

Lari Jarak Pendek / Sprint

A.    Pengertian Lari Jarak Pendek

Dalam cabang olahraga atletik,lari merupakan bagian dari cabang yang selalu diperlombakan baik kancah nasional maupun internasional salah satunya adalah lari jarak pendek atau sprint. lari jarak pendek merupakan salah satu jenis lomba/pertandingan lari yang dilakukan dengan kecepatan penuh pada lintasan untuk mencapai garis finish dengan jarak tempuh yang diperlombakan.

B.     Nomor Lari Jarak Pendek

Pada nomor lari jarak pendek atau sprint, ada tiga jenis nomor yang dipertandingkan berdasarkan jarak yang harus ditempuh oleh para pelari, yaitu nomor 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Setiap jenis nomor yang diperlombakan memiliki beberapa perbedaan, yakni jarak yang ditempuh, teknik dan managemen energi yang harus dikuasai atlet pada saat berlari sedikit berbeda.

Biasanya, pada jarak 100 meter pelari memaksimalkan seluruh tenaganya untuk berlari secepat mungkin hingga mencapai garis finish, sementara pada jarak yang lebih jauh, ada saat dimana para atlet harus mengatur kecepatannya, misalnya berlari dengan kecepatan penuh pada jarak 50 meter sebelum garis finish.

C.    Teknik Dasar Lari Jarak Pendek       

1.      Teknik Start

Secara umum, dalam perlombaan lari terdapat 3 macam teknik start yang digunakan, yaitu start jongkok, start berdiri, dan start melayang. Namun, pada lari jarak pendek, teknik start yang digunakan adalah teknik start jongkok.

Adapun ketika mengambil start jongkok, kamu bisa menggunakan tiga pilihan teknik start jongkok yang berbeda, yaitu:

  1. Start Pendek (Bunch Start).Letakkan kedua tangan dengan jari-jari membentuk huruf V terbalik tepat di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah..   Kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kaki kiri sekitar satu kepal.
  2. Start Menengah (Medium Start). Kaki kiri di depan, lutut kaki kanan diletakkan di sebelah kanan tumit kaki kiri jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan diletakkan di belakang garis start dengan empat jari-jari rapat. Ibu jari terpisah. 
  3. Start Panjang (Long Start). Kaki kiri diletakkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya sekitar satu kepal. Kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari terpisah. Selain mengetahui teknik start jongkok maka pelari juga harus mengetahui aba-aba yang digunakan pada lari jarak pendek  yaitu aba-aba bersedia, siap, dan mulai/ya.

2.      Teknik Berlari

Berikut ini beberapa contoh teknik yang bisa digunakan saat lari jarak pendek:

  1. Posisi tubuh condong ke depan dengan kaki menolak sekuat tenaga. Hal ini dilakukan agar memperoleh posisi lari yang nyaman serta tidak menguras banyak energi.
  2. Langkah kaki  selebar mungkin saat berlari.
  3. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggerakkan kedua tangan ke arah dagu. Hindari menggerakkannya ke arah bawah.
  4. Gerakkanlah kedua kaki secepat mungkin hingga batas maksimal kecepatan lari .
  5. Meski sedang berlari, jagalah tubuh untuk tetap rileks agar terhindar dari cedera.

3.      Teknik Memasuki Garis Finish

Finish adalah penyelesaian lari dengan melewati garis finish, ada beberapa cara memasuki garis finish, diantaranya adalah :

  1.  Tetap berlari tanpa mengubah sikap sampai menyentuh garis finish.
  2. Teknik yang kedua adalah dengan memiringkan badan sedikit, sehingga bahu tampak mencapai garis finish terlebih dahulu. Ketika sudah mendekati garis finish, gunakan teknik memiringkan badan untuk mempercepat menyentuh garis finish, sekalipun hanya sepersekian detik.
  3. Teknik yang ketiga adalah dengan sedikit menjatuhkan tubuh ke depan di saat akan mencapai garis finish. Umumnya, para pelari profesional menggunakan teknik ini ketika mendekati garis finish. Meski begitu, untuk bisa melakukan teknik ini dengan baik, disarankan kamu agar memperbanyak latihan terlebih dahulu.
  4. Terakhir, teknik yang keempat adalah dengan memadukan antara teknik yang kedua dengan teknik yang ketiga. Teknik ini jauh lebih sulit untuk dilakukan karena harus benar-benar memperhatikan keseimbangan tubuh dengan baik.

No comments:

Post a Comment