Tuesday 30 June 2020

Pola Penyerangan dan Pertahanan dalam permainan Bola Voli

Pengertian Pola Penyerangan dan Teknik Permainan Bola Voli 


   Pola penyerangan dalam permainan bola voli merupakan siasat yang digunakan setiap tim untuk memperoleh point dengan tujuan untuk memperoleh kemenangan. Dalam permainan bola voli diperlukan taktik adapun taktik penyerangan mencakup taktik secara individu maupun tim.  Sedangkan prinsip dari penyerangan adalah upaya untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun sesuai dengan peraturan permainan bola voli dan tetap menjunjung nilai sportifitas. Dalam permainan bola voli ada beberapa pola penyerangan yang digunakan, diantaranya adalah :

1. Melindungi Penyerang (cover)
   Cover merupakan serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block bendungan lawan yang harus diterima oleh salah satu rekan  tim secara bersama-sama.
Tujuannya adalah mengcover seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara kelompok-kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan.

2. Teknik-Teknik Penyerangan
  Smash adalah pukulan keras dan cepat untuk mematikan lawan sehingga lawan tidak mamu mengembalikan bola.  Ada 4 jenis smash, yaitu:
a.Frontal smash (smash depan) 
b.Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar)
c.Samsh dari pergelangan tangan
d.Dump (smash pura-pura)

Dalam melakukan smash ada 4 tahap gerakan yang harus diperhatikan antara lain, sebagai berikut:Tahap pertama : 
a.run-up (lari menghampiri) 
b.Tahap kedua: take-off (melompat)
c.Tahap ketiga: hit (memukul)
d.Tahap keempat: landing (mendarat)

Pengertian Pola Pertahanan dan Teknik-Tekniknya

     Pola pertahanan merupakan upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya mengalami kekalahan.
Berikut pola pertahanan dan tekniknya:

1. Pola Bendungan Berteman
   Bendungan berteman adalah pola pertahanan yang dilakukan secara tim yang mencakup 2 aspek: menerima smash lawan dan melindungi dengan block. jenis pertahanan yang paling utama adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2. Pola Bendungan (block)
  Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Pola pertahanan Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:
a. Bendungan Satu Pemain
    Digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat yang membuat  pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.
b. Bendungan Dua Pemain
  Digunakan apabila tim lawan memainkan pola penyerangan dengan ketepatan sasaran, yang membuat pihak bertahan masih memiliki kesempatan untuk membantu teman melakukan block secara bersama.
c. Bendungan Tiga Pemain
  Digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan samsh-smash yang tajam dan keras sehingga blok-blok keras dari lawan dapat digagalkan.

9 comments: